Dunia Berita

Berita Dunia Luar dan Dalam Negeri

7 Makanan Ini Dilarang di Sejumlah Negara, Alasannya Kadang Gak Masuk Akal

Spread the love

Alasan orang berpergian keluar negeri kebanyakan adalah berwisata. Selain mengunjungi lokasi yang menjadi destinasi, pasti orang akan mencari kuliner khas di negara yang dikunjungi. Namun tak semua bahan makanan bisa didapatkan dengan mudah di sejumlah negara.

Kebijakan tersebut diambil berdasarkan pada proses produksi, bahan-bahan yang digunakan, hingga permasalahan lingkungan, ekonomi, etika dan budaya. Makanan apa saja yang dilarang peredarannya hingga tidak boleh dikonsumsi? Melansir dari Tribun Travel dan The Daily Meal, berikut makanan tersebut!

1. Permen karet

Pemerintah Singapura melarang para produsen permen karet untuk menjual produk mereka di negara berjuluk Negeri singa tersebut pada tahun 2004.

Pemicunya adalah berbagai insiden jahil seperti penyumbatan lubang kunci, kemacetan tombol lift, hingga menonaktifkan sensor pintu kereta bawah tanah. Larangan tersebut kemudian direvisi, namun harus diikuti oleh surat izin dokter.

2. Mac & Cheesee

Di Norwegia dan Austria, pewarna makanan kuning dalam makanan ini dianggap berbahaya untuk anak-anak. Sehingga mac & cheesee yang mengandung pewarna tersebut pun dilarang.

3. Jelly Cup

Hampir di seluruh negara di Benua Eropa melarang peredaran Jelly cup. Alasannya karena mengandung konjak, getah konjak atau glukomanan konjak. Zat tersebut dinilai dapat memberikan rasa adiktif bagi para penikmatnya.

Namun, penyebab utama makanan ini dilarang adalah karena risiko tersedak yang cukup tinggi. Pasalnya, banyak orang yang mengonsumsi makanan ini dalam satu kali suap saja.

4. Haggis

Haggis merupakan kuliner khas Skotlandia yang paling terkenal setelah wiski. Hidangan ini terbuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba, lalu dicampur dengan oatmeal, lemak dan bumbu-bumbu rempah-rempah.

Setelah itu, bahan-bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam perut domba yang diolah. Kedengarannya memang cukup mengerikan, tetapi sebenarnya rasa yang tercipta memang lezat. Haggis dilarang di Amerika Serikat karena negara adi daya itu melarang penduduknya mengonsumsi paru-paru domba.

5. Beluga caviar

Caviar yang biasa digunakan sebagai bumbu atau pelengkap makanan utama itu berasal dari ikan sturgeon yang terkenal Ikan ini hanya hidup di kawasan laut caspian, laut hitam, dan laut adriatik.

Mengingat populasinya yang semakin berkurang, Konvensi Perdagangan Spesies Langka Internasional (CITES) mengeluarkan peraturan pelarangan perdagangan ikan tersebut di sejumlah negara-negara besar.

Itu khususnya yang berbatasan langsung dengan habitat ikan beluga. Hanya Iran yang diperbolehkan menangkap ikan tersebut, karena mereka tengah melakukan praktek konservasi berkelanjutan.

6. Saus tomat

Penggunaan saus dilarang di sejumlah sekolah dasar di Perancis karena khawatir saus tomat dapat mengubah rasa masakan tradisional khas Perancis.

7. Bawang putih

Sejumlah monastik Buddha di Tiongkok melarang penggunaan bawang putih. Karena masyarakat disana percaya darah sekelompok setan yang dibunuh Dewa Wisnu tumbuh menjadi bawang putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *